Fakta menakjubkan gunung berapi

Posted: Januari 9, 2011 in Yang unik-unik
Tag:

Setelah puas tadi posting tentang gunung berapi yang masih aktif di u.s , sekarang lain lagi, Setidaknya 1.500 gunung berapi aktif dot dunia, dan beberapa dari mereka telah terus-menerus meledak selama bertahun-tahun. Mereka terbentuk ketika batuan cair yang disebut magma dan istirahat melalui daerah yang lemah permukaan bumi. Ruangan yang berisi magma diam-diam dapat bersembunyi di bawah tanah selama ratusan tahun, dan kemudian meledak dengan kemarahan mengejutkan. Berikut adalah beberapa fakta yang menakjubkan tentang gunung berapi.

1. Batu apung vulkanik ini adalah hanya batu yang bisa mengapung di air. Hal ini biasanya berwarna abu-abu dan penuh lubang ceria, yang terbentuk ketika batuan panas gas jet marah dari karena cools.
2. Gunung api yang paling berat disebut supervolcanoes. Sebuah letusan supervolcanic bisa hujan api neraka di ribuan mil dan menyebabkan perubahan iklim di seluruh dunia, seperti penurunan suhu global sebagai akibat dari pelepasan ton partikel abu ke atmosfir. Ini belakang kepala monster jelek ada hanya pernah beberapa ratus ribu tahun, namun. Salah satu yang terbesar adalah di Taman Nasional Yellowstone, dan para ilmuwan mengatakan itu mungkin karena untuk eruprtion lain.

3. Letusan gunung berapi terbesar yang pernah diamati adalah Gunung Tambora, di pulau Sumbawa, di Indonesia. Its letusan tahun 1815 menewaskan sekitar 100.000 orang. Indonesia diperkirakan memiliki jumlah terbesar gunung berapi aktif secara historis – dengan total 76, menurut US Geological Survey.

4. Kebanyakan gunung berapi terjadi di dekat tepi lempeng tektonik, lembaran batu besar yang membentuk permukaan bumi. Tetapi beberapa gunung berapi, seperti Supervolcano Yellowstone, berbaring di atas lain “hot spot” di mana sumur magma naik dari dalam bumi.

5. Dikenal sebagai tanah api dan es, Islandia bertengger di atas gunung berapi punggungan Atlantic pertengahan laut. Letusan gunung berapi terbaru Eyjafjallajökull (pada bulan April 2010) artinya jika dibandingkan dengan letusan kekerasan 1783 tentang Gunung Skaptar, yang menghancurkan pertanian di pulau ini dan cadangan ikan dan menyebabkan kelaparan yang menewaskan seperlima dari rakyat negara itu.

6. Letusan Gunung Pinatubo pada 1991 di Filipina bahkan lebih buruk. Gunung ini memuntahkan 22 juta ton sulfur dioksida, yang mengelilingi seluruh planet dan membawa suhu global yang turun sedikitnya 0,5 derajat C, menurut USGS.

7. Gunung berapi dapat tumbuh. Sebagai lava dan abu menumpuk, mereka menambahkan lapisan dan tinggi ke permukaan gunung berapi. Ini adalah salah satu cara yang umum gunung dibangun.

8. Gunung berapi dapat menjadi punah. Jika para ilmuwan tidak mengharapkan sebuah gunung berapi yang pernah meletus lagi, mereka menganggapnya akan punah. Gunung berapi yang tidak aktif tapi mungkin meletus lagi diberi label yang tidak aktif.

9. Gaya belaka dari beberapa letusan gunung berapi dapat menyebabkan ruang magma yang runtuh, membentuk raksasa, kawah berbentuk mangkuk yang disebut kaldera.

10. Gunung berapi terbesar di Bumi adalah Mauna Loa Hawaii. Salah satu dari lima gunung berapi di Hawaii, itu menara 13.000 kaki di atas permukaan laut. Kepulauan Hawaii itu sebenarnya diciptakan oleh hot spot.

11. Gunung berapi membuat matahari terbenam lebih berwarna. Ketika gunung berapi Alaska Kasatochi meletus pada tahun 2008, orang di seluruh dunia melihat jeruk yang luar biasa indah dan warna karang di matahari terbenam. Ini fenomena visual adalah hasil dari partikel abu halus dalam suasana hamburan sinar matahari.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s